411. “Dengan diamnya antah-karana lewat samãdhi[1], nikmatilah keagungan tanpa batas dari Sang Diri-jati. Dengan penuh semangat hancurkanlah belenggu bau harum-busuk dari kelahiran dan kematian; jadilah ia yang telah mencapai tujuan-akhir dari kelahiran berjasad manusia ini!

412. “Bebas dari semua identifikasi- diri keliru itu, sadarilah Diri-jati sebagai perwujudan dari Eksistensi Sejati – Kesadaran Murni – Kebahagiaan Abadi yang tiada tara, yang tak tunduk pada lingkaran-setan kelahiran dan kematian!”

Tuesday, June 19, 2007

Ngewaliang Linggih Ida Bhetara Dalem Tungkub lan Kahyangan

Hari Selasa pahing tanggal 19 Juni 2007 dilaksanakan Upacara Pemelaspasan yang merupakan rangkaian dari proses ngingsir linggih Ida Bhetara Dalem Tungkub dan Kahyangan, melinggih ring purwaning daksina.


Dalam proses ini di "puput" oleh Ida Pedanda dari Griya Toko dan upakaranya dibuat oleh Ida Ayu Mayun okan Ida Dayu Agung.



Upacara ini digarap oleh dua banjar wewengkon Desa Adat Peminge yaitu Br. Sawangan dan Br. Peminge.



Upacara dimulai jam 13.00 wita diikuti alunan gamelan dari Banjar Sawangan dan lantunan nyanyian suci oleh sekaa santhi kedua belah banjar. Dan upacara berakhir kira-kira pukul 17.00 wita.


Mengenai upakara yang dihaturkan sesuai dengan keputusan rapat prajuru Desa Adat dan para sutri mangku, yaitu Ayaban Pulagembal mebebangkit, caru panca sata. Tentang Ida Bhetara Tirtha yang dituwur adalah :


Pura Geger yang diikuti dengan ngaturang pejati meganjaran mesemayangan di Dane Sedahan dan ngaturang pejati meganjaran di Sorin Taru Sabo


Pura Gunung Tedung yang diikuti dengan ngaturang pejati meganjaran di Dauh Margi.


Pura Karang Boma


Mapejati meganjaran mesemayangan di Pura Penaweng, mapejati maganjaran di Dalem Unen, mapejati maganjaran di Dalem Dasar, mapejati maganjaran di Dalem Kesiman.


Mapejati maganjaran di Pura Melanting, Pura Bhetari, Pura Mrajapati. Nunas tirtha di Dalem Kahyangan, Dalem Tungkub, Dalem Penataran, Pura Puseh lan Desa, Dalem Lamun.


Mapejati maganjaran di Taman Lamun lan ratu gede ring dalem lamun, mapejati maganjaran masemayangan di Pura Bias Tugel dan Kalangan Gambuh. Mapejati maganjaran di Pura Pererepan Jaba dan mapejati maganjaran masemayangan di linggih Indra Belaka di Pura Pererepan Jaba. Nunas Tirtha di Pura Segara mengiat.


Demikianlah beberapa hal serangkain upacara ngewaliang linggih Ida Bhetara Dalem Tungkub dan Kahyangan.


namaste,


No comments:


"Om Samaniwah akusih samaniwah dayaniwah, samanamas to va mano Jatihva susaha sati."

OM Hyang widhi, satukanlah kami dalam pemikiran, dalam pendapat, dalam
perkataan, serta pelaksanaan yang berdasarkan mufakat, seperti halnya para Deva
yang bersatu padu dalam membangun sorga kehidupan.