411. “Dengan diamnya antah-karana lewat samãdhi[1], nikmatilah keagungan tanpa batas dari Sang Diri-jati. Dengan penuh semangat hancurkanlah belenggu bau harum-busuk dari kelahiran dan kematian; jadilah ia yang telah mencapai tujuan-akhir dari kelahiran berjasad manusia ini!

412. “Bebas dari semua identifikasi- diri keliru itu, sadarilah Diri-jati sebagai perwujudan dari Eksistensi Sejati – Kesadaran Murni – Kebahagiaan Abadi yang tiada tara, yang tak tunduk pada lingkaran-setan kelahiran dan kematian!”

Thursday, March 22, 2007

Bhatara Ganapati

Om Swastyastu,

1. Patung Bhatara Gana atau Ganapati atau Ganesa yang diletakkan di pekarangan rumah dimaksud untuk menstanakan Bhatara Gana, putra Siwa dan Parvati, yang memberi perlindungan dan pemusnah rintangan bagi umat manusia. Selain Ganesa, putra Siwa yang lain adalah Karttikeya (Baca : Siva Purana dan Lingga Purana) atau di Bali dikenal sebagai Bhatara Hyang Kumara yang 'bertugas' melindungi bayi-bayi kita. Beliau tidak dibuatkan patung, tetapi distanakan di pelangkiran kamar tidur bayi dengan bentuk bulat yang disebut pelangkiran ingka (acuan : Lontar Kala Tattwa). Bila si bayi sudah diupacari tiga bulanan maka Bhatara Hyang Kumara 'menyerahkan tugas ngemban manusia' kepada 'Kanda-Pat'

2. Kanda-Pat yang sudah suci distanakan di pekarangan dalam wujud tugu sebagai Sedahan Karang. Bila di Sanggah Pamerajan di stanakan di palinggih Panglurah (acuan : Buku Dharmopadesa, PHDI Kota Denpasar, halaman 44).

Dados yen ngelinggihang Sedaan/Penunggun Karang/Tugu, punika matiosan pisan sareng ngelinggihang Ganesa, sakewanten sami tatujon nyane pateh, inggih punika nunas paswecan Sanghyang Parama Kawi mangda iraga sareng sami ngemangguhang rahayu tur rahajeng. Tiang ring Geria ngelinggihang makekalih inggih punika Patung Bhatara Gana lan Sedahan Karang.
Punika kirang langkung sane panggihin titiang, ampura.

Om Santih, santih, santih

No comments:


"Om Samaniwah akusih samaniwah dayaniwah, samanamas to va mano Jatihva susaha sati."

OM Hyang widhi, satukanlah kami dalam pemikiran, dalam pendapat, dalam
perkataan, serta pelaksanaan yang berdasarkan mufakat, seperti halnya para Deva
yang bersatu padu dalam membangun sorga kehidupan.